i8

SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

Senin, 20 Januari 2014

sumpah pemuda

MAKNA SUMPAH PEMUDA



“Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah indonesia

Kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia

Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa indonesia "

Mungkin sekarang banyak yang tidak tau apa arti kalimat diatas. Sekedar hanya mengingatkan untuk yang tidak tau itu adalah bunyi dari sumpah pemuda dan mungkin banyak anak muda sekarang tak pernah memperduliakn apa itu sumpah pemuda dan mungkin banyak yang sudah melupakan makna yang sesungguhnya dari sumpah pemuda.mengapa saya menggunakan banyak kata “ mungkin” karena saya masih menyakini masih banyak yang mengerti dan memahami apa itu makna dari sumpah pemuda dan sumpah pemuda sendiri telah diajarkan sejak dibangku sekolah dasar.

Bangsa indonesia adalah bangsa yang kaya akan suku dan budaya. Suku diindonesia ada bermacam-macam. Ada suku madura, jawa, dayak dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan budaya diindonesia beraneka ragam. Budaya betawi berbeda dengan budaya di jawa. Meskipun berbeda kita harus saling menghormati dan tidak boleh membeda-bedakannya.

Sumpah pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda. Sumpah dapat diartikan sebagai janji. Janji merupakan sesuatu yang harus ditepati. Jadi, sumpah pemuda, artinya suatu janji para pemuda yang diucapkan pada saat kongres pemuda II di jakarta. Sumpah pemuda diucapkan pada tanggal 28 oktober 1928.

Rumusan kongres sumpah pemuda ditulis muhammad yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh yamin.

Pada peristiwa sumpah pemuda, berbagai tokoh muda dari seluruh wilayah indonesia bergabung menjadi satu. Merka mengadakan pertemuan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya untuk melawan penjajah, karena pada saat itu, negara kita dijajah oleh belanda. Para pemuda meyakini bahwa dengan adanya persatuan dan kesatuan yang kokoh, mereka akan berhasil mengusir penjajah belanda.

Sumpah pemuda memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Menyadarkan kepada para pemuda akan pentingnya perjuangan

2. Meningkatkan rasa persaudaraan diantara pemuda-pemuda indonesia

3. Menciptakan persatuan dan kesatuan bagi bangsa indonesia

4. Ingin mencapai indonesia merdeka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar