i8

SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

Senin, 20 Januari 2014

sejarah




JEMBATAN TE’ON
Jembatan te’on, memang tidak semua orang mengtahui sejarah panjang jembatan  ini. Jembatan te’on adalah jembatan gantung yang bernilai historis yang membentang diatas sungai cikeas berdiri tahun 1937.dengan panjang 60 meter, lebar 1.5 meter, dan ketinggian 30 meter dari permukaan sungai. Jembatan te’on adalah jembatan yang menghubungkan kota bogor dengan bekasi sampai sekarang jembatan ini masih ramai dilintasi pejalan kaki maupun pengendara motor.
pada zaman penjajahan jembatan ini digunakan oleh para pejuang kemerdekaan republik indonesia untuk melintas ke wilayah bogor atau sebaliknya. Para pejuang kemerdekaan bahu membahu dengan warga sekitar jembatan te’on untuk merawat jembatan te’on karena warga dan para pejuang sangat memahami pentingnya jembatan te’on.
Namun sekarang jembatan te’on terkesan diabaikan. Awalnya jembatan te’on berbahan kayu dan bambu. Namun, seiring usianya yang semakin menua, jembatan ini pun mengalami perubahan-perubahan semula bagian dasar perlintasan terbuat dari papan dan bambu.kemudian alas dasarnya kini diperbarui sengan menggunakan plat besi. Namun ciri khasnya jembatan tersebut tidak tergantikan. Tiang penyangganya masih sama seperti dahulu yaitu disangga dengan dua pohon, yaitu pohon renggas dan pohon kapuk. Kedua pohon itulah titik kekuatan jembatan te’on namun setiap kali mengalami perbaikan dananya didapat dari swadaya masyarakat. Bahkan untuk memperbaiki jembatan, warga dipaksa harus berlaku seperti pengemis, menaruh kotak amal ditengah jembatan, bersyukur masyarakat yang yang melintas dijembatan itu memiliki kesadaran yang tinggi. Sudah seharusnya jembatan yang tergolong tradisional ini diubah menjadi kokoh, tidak seperti sekarang masih bergantung kepada dua pohon rengas dan kapuk.
Sangat disayangkan kalau melihat kondisi jembatan yang memiliki nilai sejarah tinggi ini. Jembatan te’on lepas dari perhatian kedua kepala pemerintahan antara kota bekasi dan kota bogor, pemerintah terkesan membiarkan jembatan bersejarah hancur dimakan usia. Para petinggi kota bekasi hanya menebar janji tanpa ada realisasinya hingga saat ini.

Jembatan te’on sudah selayaknya diubah
Tapi tidak menghilangkan nilai historis yang terkandung didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar