i8

SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

Kamis, 14 November 2013

koruptor dinegeri ini




NIKMATNYA MENJADI PENCURI BERDASI

Jika kita membicarakan tentang korupsi di indonesia mungkin takkan ada habisnya ,korupsi di indonesia berkembang secara sistemik. Bagi banyak orang korupsi sekarang bukan lagi merupakan suatu pelanggaran hukum , melainkan sekedar suatu kebiasaan. Dalam seluruh penelitian perbandingan korupsi antar negara , indonesia selalu menempati posisi paling rendah, sungguh bukan rekor yang membanggakan bagi suatu negara.
Perkembangan korupsi di indonesia juga mendorong pemberantasan korupsi di indonesia. Namun hingga kini pemberantasan korupsi di indonesia dalam perbandingan korupsi antar negara yang tetap rendah. Hal ini juga ditunjukkan dari banyaknya kasus-kasus korupsi di indonesia.
Semua ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu diantaranya adalah Penegakan hukum di indonesia yang masih tebang pilih dan pengelolaan keuangan yang tidak transparan. Kasus dugaan suap dan korupsi sebenarnya dialami oleh politisi dari hampir semua parpol di negeri ini. Namun pertanyaannya kemudian, mengapa mereka tidak pernah kapok dan tak mau belajar dari pengalaman pahit rekan-rekan politisi sebelumnya? juga, mengapa para politisi dan pemimpin parpol mudah terjerumus kedalam penyalahgunaan kekuasaan? Semua ini karena Penegakan hukum di indonesia yang masih sangat lemah seharusnya hukum ditegakan tanpa pandang bulu dan strata sosial. Sebenarnya telah dijelaskan secara jelas dalam uud 1945 nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi  namun pada kenyataannya tersangka korupsi hanya dijatuhi vonis yang ringan. Meskipun korupsi dikategorikan sebagai tindak pidana khusus dan bahkan kejahatan luar biasa ( extra ordinary crimes), ancaman hukuman bagi para koruptor masih terlalu rendah dan tidak sebanding dengan dampaknya bagi kehidupan kolektif. Sudah menjadi rahasia umum, hukuman yang diterima koruptor dana publik dengan nilai miliaran rupiah acapkali tidak jauh berbeda dengan hukuman bagi rakyat miskin yang mencuri ayam karena terpaksa. Juga sudah sering dikemukan, kendati sudah menjadi terpidana, para koruptor bisa menikmati cuti sakit di luar penjara dan fasilitas mewah didalam bui dan bahkan setiap tahun mereka mendapatkan remisi pengurangan hukuman dari negara atas nama kemanusian dan keadilan. Bahkan masih ingatkah anda tentang seorang narapidana korupsi yang tertangkap kamera sedang berlibur keluar negeri dan menonton acara pertandingan olahraga. Akibatnya, tidak ada efek jera bagi para calon koruptor berikutnya. Inilah yang melatar belakangi saya mengambil judul diatas. hal ini sangat kontras jika kita melihat negara china, pemerintah china menerapkan hukuman mati pada siapapun yang terlibat dalam kasus korupsi tanpa memandang status dan jabatan. Bahkan china dapat menghukum lebih dari 1000 koruptor dalam setahundan terbukti cara ini ampuh untuk memberantas korupsi di china, kini mereka menjadisalah satu negara yang diperhitungkan didunia, semenjak china bebas dari koruptor.
Dan pengelolaan keuangan yang tidak transparan menjadi salah satu faktor karena tidak adanya transparan sehingga keuangan mudah untuk diselewengkan dan disalah gunakan dalam kasusb ini kita dapat mencontoh dari amerika serikat , pengelolaan keuangan dan sistem perpajakan angat transparan sehingga dalam dalam mengawasi bukan saja tugas pemerintah tetapi masyarakat secara keseluruhan . semua pejabat publik mulai dari tingkat terndah hingga presiden diawasi secar langsung oleh masyarakat.hal ini karena sistem transparansi keuangan dan perpajakan yag begitu modern . semua transaksi keuangan, pembayaran pajk, sampai pemenangan tender serta distribusi pembangunan dan penggajian dilakukan secara online dan transparan. Sehingga terjadi kebocoran sekecil apapun , cepat terdeteksi sehingga bisa dilakukan pencegahan.demikian pula hukum ditegakan secara maksimal tanpa pandang bulu dan strata sosial.
Baru-baru ini saja masyarakat dihebohkan dengan berita tentang ketua mahkamah konstitusi yaitu akil mochtar yang tertangkap tangan melakukan korupsi. Suatu lembaga yang sangat terhormat dengan kekuasaan yang sangat besar, justru terbukti melakukan tindakan korupsi.
            Sebagaimana diketahui fungsi dan wewenang mahkamah konstitusi adalah berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang keputusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap undang-undang dasar 1945. Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh uud 1945, memutus pembubaran partai politik dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum . berkewajiban memberi keputusan atas pendapat dewan perwakilan rakyat mengenai dugaan pelanggaran oleh presiden atau wakil presiden menurut uud 1945.
Wewnang mahkamah konstitusi dalam:
1 .  menguji undang-undang terhadap uud 1945
2 . memutus sengketa kewenangan antar lembaga negara
3 . berkewenangannya diberikan oleh uud 1945
4 . memutus pembubaran partai politik
5 . memutus perselisihan tentang hasil pemilu
6 . dan berbagai kekuasaan yang sangat urgen bagi kepentingan
      nasional.
Dengan wewenangnya yang luar biasa dan perannya yang sangat vital bagi negara sudah seharusnya mahkamah konstitusi harus bisa menjaga diri dan harus bebas dari segala macam pelanggaran hukum terlebih lagi terhadap korupsi. Namun kenyataannya sekarang mahkamah konstitusi terjerat dalam masalah korupsi. Kini korupsi telah menyebar di semua sektor kehidupan baik di yudikatif , eksekuitif dan legislatif . sehingga tidak salah jika dikatakan indonesia kini berada dalm kondisi darurat korupsi.
Korupsi di indonesia sekarang terjadi mulai dari sekala besar hingga pada skala kecil, mulai dari pejabat papan atas indonesia semisal DPR dan menteri sampai pada pejabat rendah tingkatan RT/RW contohnya yang terjadi di tingkat kelurahan sudah menjadi rahasia umum jika hanya untuk mengurus KTP (Kartu Tanda Penduduk), mengurus KK (Kartu Keluarga)semuanyapun harus diselesaikan dengan sogokan dan uang pelicin liannya begitu juga dengan mengurus sim,mengurus masuk sekolah dan lain sebagainya yang merupakan termasuk kebutuhan penting bagi masyarakat. Tak hanya itu penegak hukum seperti polisi, TNI, jaksa tak mau ketinggalan untuk ikut dalam lingkaran korupsi, bahkan kepolisian dinyatakan sebagai instansi paling korup di indonesia baru-baru ini dan lebih lagi hakim yang dianggap wakil tuhan di muka bumi malah tertangkap menerima suap dalam beberapa kasus besar di indonesia.
Korupsi sangatlah merugikan bagi suatu negara salah satunya dari segi investasi, dengan maraknya korupsi para investor harus berpikir dua kali untuk menginvestasikan uangnya karena hanya untuk memenangkan tender saja harus melalui birokrasi yang cukup rumit dan menghabisakan cukup banyak uang yang mengakibatkan jumlah investasi yang tertulis berbeda dengan jumlah uang yang dikeluarkan sebagai contoh kasus penderian RIM, pabri blackberry yang pada akhirnya memilh berpindah ke negara tetangga seperti malaysia, semua ini sangat merugikan negara.


KORUPTOR ADALAH LINTAH DARAT YANG MENGGROGOTI
 NEGARI KITA TERCINTA
YANG HARUS DIBERANTAS BERSAMA
Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar